Bagi Public Relations, membangun reputasi
di era digital saat ini merupakan tantangan yang harus dihadapi. Betapa
tidak, arus informasi tersaji dengan cepat. Orang-orang bisa
mendapatkan berita terkini tanpa harus menyalakan layar tv. Hanya dengan
mengakses media sosial melalui gadget masing-masing berita
aktual dapat diakses dengan cepat. Public Relations professional
haruslah sadar betul bahwa media memiliki peran penting dalam kegiatan
publikasi. Sehingga penting bagi Public Relations untuk menjalih
hubungan dengan media atau yang selanjutnya disebut dengan Media
Relations. Media relations merupakan aktivitas yang dilakukan oleh
seorang Public Relations yang berhubungan dengan media massa, dalam hal
ini adalah kegiatan publikasi perusahaan. Media relations penting
dilakukan bagi seorang Public Relations karena tujuan utamanya adalah
untuk reputasi perusahaan.
Media relations merupakan bentuk strategi
komunikasi seorang Public Relations professional dalam menjaga hubungan
dengan media. Menjalin dan mempertahankan hubungan baik dengan media
amatlah penting bagi seorang Public Relations. Sebab media adalah sarana
publikasi, dimana segala informasi tentang perusahaan disalurkan selain
itu media juga merupakan sarana untuk membangun reputasi. Saat ini
media merupakan acuan public untuk bergerak dan bertindak, publik seolah
digiring oleh media untuk berperilaku sesuai dengan isu yang ada.
Pasalnya Jika media menggiring publik ke arah yang negative maka hal ini
akan membawa dampak yang kurang menguntukan bagi perusahaan karena
dapat mempengaruhi reputasi perusahaan. Jika media menggiring kearah
yang positif maka ini akan meningkatkan reputasi perusahaan. Sehingga
penting sekali bagi Public Relations professional untuk menjalin
hubungan baik dengan media.
Melalui media, reputasi perusahaan
terbangun. Support dan jaringan bagi perusahaan juga terbangun. Ketika
hubungan media terjalin dengan baik, maka kepercayaan public terhadap
perusahaan juga pastinya akan semakin kuat sebab pesan yang disampaikan
oleh media diterima oleh public dengan baik pula. Rini Damastuti dalam
bukunya yang berjudul Media Relations: Konsep Strategi dan Aplikasi
(2012) menyebutkan bahwa kegiatan media relations terbagi menjadi dua
bentuk. Pertama adalah tulisan seperti press release, tulisan
yang ditujukan kepada editor, pemberitahuan megenai layanan publik dan
komunikasi melalui media di internet. Kedua adalah dengan menggelar
suatu kegiatan atau acara, contohnya media gathering atau media relations yang dibuat oleh praktisi PR, press call
yang dilakukan untuk menyampaikan informasi melalui telepon, media
events seperti undangan bagi media untuk menjadi sponsor dalam suatu
kegiatan, kemudian tentunya adalah konferensi pers dengan media.
Kunci dari kegiatan media relations
adalah konsistensi. Public Relations harus selalu memberikan informasi
kepada media secara rutin dan haruslah sering mengadakan pertemuan untuk
sekedar sharing santai. Hal ini penting dilakukan karena media akan
selalu menginginkan informasi setiap hari setiap saat. Konsistensi juga
diperlukan dalam konten publikasi agar tidak membosankan. Public
Relations harus memikirkan berita yang akan dimuat, siapa audience nya,
relevansi berita, durasi penyampaian berita, keakuratan berita, dan
siapa penyampai beritanya. Sehingga pesan yang disampaikan melalui media
dapat diterima dengan baik oleh publik. Terakhir adalah pentingnya
seorang Public Relations melakukan evaluasi dari aktivitas media
relations yang dilakukan. Bagaimanapun juga media relations adalah
startegi yang dilakukan oleh public relations dalam membangun dan
mempertahankan reputasi perusahaan. Oleh karenanya setiap aktivitas yang
telah dilaksanakan perlu dievaluasi. Proses evaluasi dilakukan untuk
mengetahui apa yang kurang dan sebaiknya dipertahankan dari kinerja yang
telah dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar